Home » » Assalamualaikum Beijing: Kisah Cinta Dua Pemuda Beda Agama dan Negara

Assalamualaikum Beijing: Kisah Cinta Dua Pemuda Beda Agama dan Negara

Written By Admin on Wednesday 31 December 2014 | 20:12


Seorang perempuan bernama Asmara (Revalina S. Temat), harus menelan pil pahit menjelang hari pernikahannya. Laki-laki yang menjadi calon suaminya, yaitu Dewa (Ibnu Jamil) justru mengaku selingkuh dan menghamili teman sekantornya, Anita (Cynthia Ramlan). Hal itu sontak membuat Asmara sangat terpukul dan kecewa. Ia pun memutuskan untuk membatalkan pernikahannya dan meminta Dewa untuk bertanggung jawab.

Beberapa bulan berselang, Asmara memutuskan untuk 'move on' dan menjalani kehidupannya yang baru di Beijing, Tiongkok. Di sana, ia bergabung bersama temannya, Sekar (Laudya Cynthia Bella) menjadi koresponden untuk sebuah media bagi masyarakat Indonesia. Dalam menjalani kesehariannya di Beijing, Asmara juga dibantu oleh Ridwan (Deddy Mahendra Desta) yang tidak lain adalah suami dari Sekar. 
 
Di tengah kesibukannya di Beijing, Asmara bertemu dengan seorang pria asli Tiongkok bernama Zhong Wen (Morgan Oey). Mereka pun akhirnya berkenalan dan saling berbagi cerita. Keduanya tampak serasi dan selalu memiliki kebahagiaan di setiap pertemuannya. Keduanya pun akhirnya saling jatuh cinta. Sayangnya, masalah Agama menjadi penghalang. Asmara notabene adalah seorang muslimah berhijab dan taat, sementara Zhong Wen tidak beragama. 
 
Assalamualaikum Beijing
 
Itulah beberapa rangkaian kisah yang terjadi dalam film terbaru produksi Maxima Pictures berjudul Assalamualaikum Beijing. Film yang disutradarai oleh Guntur Soeharjanto ini mengangkat kisah kehidupan seorang muslimah di Beijing. Film ini juga merupakan adaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama dari penulis bernama Asma Nadia. Yang menarik, kisahnya merupakan kisah nyata. 
 
Ketika menonton film ini, terutama saat bagian Asmara menjalani kehidupan barunya di Beijing, kesan pertama yang sangat terasa adalah persis seperti film 99 Cahaya di Langit Eropa (2013). Sepertinya, Guntur Soeharjanto memang sengaja kembali memberikan sentuhan film sukses tersebut pada Assalamualaikum Beijing. Mulai dari gaya narasi hingga gaya traveling dengan membawa kamera yang sangat identik dengan film 99 Cahaya di Langit Eropa
 
Unsur traveling yang ditampilkan di film ini bisa dibilang sangat kuat. Mata Anda akan dimanjakan dengan berbagai tempat wisata khas Beijing dan Tiongkok yang sangat indah. Anda seperti diajak untuk merasakan serunya mengunjungi tempat wisata di sana. Dan yang pasti, hal itu akan menggugah Anda untuk jalan-jalan ke Beijing. Yang tak kalah menarik adalah begitu rapinya tata kota Beijing, mulai dari gedung, tempat umum, hingga transportasinya. 
 
Dari sisi cerita, Guntur Soeharjanto lewat Assalamualaikum Beijing lagi-lagi cukup berani untuk menampilkan sebuah kisah cinta di mana di dalamnya terdapat berbagai perbedaan dan pertentangan budaya dan Agama. Di film ini Guntur juga kembali menggambarkan bagaimana kehidupan muslim sebagai minoritas di Tiongkok serta bagaimana mereka bisa membaur di tengah-tengah masyarakat yang sangat heterogen. 
 
Meski memiliki cerita yang cukup serius dan melankolis, namun adanya Deddy Mahendra Desta dengan humornya membuat emosi yang ada di film Assalamualaikum Beijing ini menjadi dinamis. Anda tidak melulu akan melihat keharuan, melainkan juga komedi ringan yang bisa sedikit merubah emosi dan suasana. Akting Revalina S. Temat juga patut diacungi jempol, terutama ketika Asmara jatuh sakit karena stroke dan itu bagian yang patut ditonton.

1 comments:

  1. wah film tentang beda agama, banyak juga orang yang mengalami masalah percintaan ini.

    ReplyDelete