Home » » Pendekar Tongkat Emas: Sebuah Amanat yang Memicu Penghianatan

Pendekar Tongkat Emas: Sebuah Amanat yang Memicu Penghianatan

Written By Admin on Wednesday 17 December 2014 | 13:52


Selalu ada perjuangan besar dibalik sebuah kesuksesan demi menggapai sesuatu. Begitu pula yang dialami Dara (Eva Celia), dalam upayanya meraih gelar Pendekar Tongkat Emas.

Dara, Biru (Reza Rahadian), Gerhana (Tara Basro), dan Angin (Aria Kusumah) adalah empat murid dari Cempaka (Christine Hakim) di Perguruan Tongkat Emas. Dara, Biru, dan Gerhana, tak lain adalah anak yang orangtuanya dibunuh oleh Cempaka, dan Cempaka memutuskan untuk mengadopsi mereka. Sedangkan Angin, adalah seorang anak yang dibuang oleh orangtuanya, dan Cempaka pun mengadopsinya.
 
Biru, murid tertua dan terkuat yang dimiliki Cempaka. Kemudian disusul dengan Gerhana. Sementara Angin adalah murid termuda Cempaka yang minim bicara. Dara, bukanlah yang terkuat diantara mereka, bukan pula yang terpandai.
 
Keempat murid Cempaka ini berlatih dengan sangat giat setiap hari untuk mendapatkan Tongkat Emas, juga gelarnya sebagai Pendekar Tongkat Emas. Biru sangat berambisi untuk menyandang gelar tersebut. Tetapi apa yang terjadi?, Cempaka justru memberikan Tongkat Emas tersebut kepada Dara.
 
Dengan dipilihnya Dara sebagai pewaris Tongkat Emas, secara langsung juga Dara akan diwariskan jurus andalan yang belum terkalahkan. Yakni jurus Tongkat Emas Melingkar Bumi. Cempaka pun memberitahu kepada kedua murid tertuanya, Biru dan Gerhana, kalau ia akan bepergian untuk beberapa hari demi mengajarkan Dara tentang jurus tersebut. Angin juga dibawa serta, guna membantu pengobatan Cempaka yang sudah semakin tua.
 
Pendekar Tongkat ...
 
Sayangnya ambisi Biru yang begitu besar membuatnya kecewa dan sakit hati, hingga Biru yang bekerjasama dengan Gerhana, akhirnya memutuskan untuk membunuh Cempaka dan merebut Tongkat Emas tersebut dari Dara serta Angin.
 
Jelas saja, ilmu beladiri Dara dan Angin belum dapat melawan Biru dan Gerhana. Kedua murid malang ini pun akhirnya terus berlari dan 'terbuang' ke jurang. Dara dan Angin ditemukan oleh seorang penduduk wilayah setempat, Elang (Nicholas Saputra) namanya.
 
Sementara kondisinya belum pulih, Dara masih harus terus meneruskan perjalanannya untuk menemukan orang yang bisa mengajarkannya jurus Tongkat Emas Melingkar Bumi. Dan menurut Cempaka, orang tersebut adalah Nagaputih (Darius Sinathrya). Disamping itu, Biru dan Gerhana masih terus berupaya mencari dan mendapatkan Tongkat Emas yang hingga saat ini masih di tangan Dara.
 
Untuk mengetahui kelanjutan cerita di atas, Miles Films dan KG Studio akan memutarkan Pendekar Tongkat Emas mulai 18 Desember 2014. Selain karena ini adalah proyek besar Mira Lesmana selaku produser, Pendekar Tongkat Emas juga menyuguhkan tema silat berkualitas yang sudah lama hilang dari layar lebar.
 
Pendekar Tongkat ...
 
Tanpa menyampingkan sisi drama yang coba diukir oleh sang sutradara, Ifa Isfansyah, dan penulis naskah, Jujur Pranoto, Pendekar Tongkat Emas seakan berkomitmen untuk memperlihatkan kebolehan aktor-aktris Indonesia dalam memerankan karakternya sebagai seorang pendekar. Eva, Nicholas, Reza, Tara, Aria, dan Christine, 'memamerkan' skill mereka dalam memainkan tongkatnya masing-masing.
 
Di sisi lain, selama pemutarannya, Pendekar Tongkat Emas konsisten memberikan kejutan-kejutan kecil dari segi alur cerita. Anda mungkin bisa menebak alur film ini, tetapi tidak dengan value dan dinamika yang dihadirkan.
 
Pendekar Tongkat Emas ini dapat pula dikatakan sebagai film dengan paket lengkap. Selain dari segi cerita dan action yang mumpuni, Ifa juga tak luput memperlihatkan sinematografi yang indah dari lokasi syuting mereka yang bertempat di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Tak cuma sekali duakali, tetapi cukup sering, dan hal tersebut membuat film ini lebih dramatis.
 
Seperti diketahui, baik dari produser, sutradara hingga pemain, kesemuanya belum memiliki pengalaman di film laga. Namun lewat film Pendekar Tongkat Emas, hal itu seakan tidak terlihat karena proses reading dan latihan yang cukup panjang demi totalitasnya di film silat periode masa lampau ini. Eva Celia selaku aktris termuda di film tersebut, kualitas aktingnya patut diacungi jempol karena mampu mengimbangi lawan mainnya yang sudah jauh berpengalaman.
 
Bagaimana perjuangan Dara selanjutnya? Mampukah ia melumpuhkan niat jahat Biru dan Gerhana? Saksikan jawabannya dengan menonton film Pendekar Tongkat Emas.

0 comments:

Post a Comment