Home » , » The November Man : Mantan Agen CIA Membongkar Konspirasi Politik

The November Man : Mantan Agen CIA Membongkar Konspirasi Politik

Written By Admin on Thursday 11 September 2014 | 17:52


Di tahun 2008, CIA memiliki sebuah misi atau operasi rahasia untuk melindungi duta besar AS di Montenegro dari pembunuhan. Agen yang ditugaskan untuk menjalankan misi tersebut adalah Peter Devereaux (Pierce Brosnan) dan anak didiknya, David Mason (Luke Bracey). Ketika semua persiapan operasi berjalan dengan baik dan operasi terlihat akan berjalan dengan lancar, ada peristiwa yang terjadi di luar dugaan.

Devereaux yang bertugas menggantikan dubes AS sebagai umpan melihat ada seorang anak kecil berlari di tempat umum yang dijadikan tempat eksekusi. Oleh karena itu ia memerintahkan David Mason yang bertugas sebagai sniper untuk menahan tembakannya, meskipun sesungguhnya musuh sudah terlihat. Tapi, Mason mengindahkan perintah tersebut dan tetap menembak. Hal itu membuat baku tembak terjadi dan anak kecil itu menjadi korban.



Atas kejadian ini Deveraux memutuskan untuk pensiun dari dunia mata-mata. Ia memutuskan untuk hidup tenang di Swiss. Hingga suatu ketika di tahun 2005, mantan atasannya bernama John Hanley (Bill Smitrovich) memintanya untuk menjalankan sebuah misi rahasia. Sebenarnya Deveraux enggan menerimanya, namun pada akhirnya ia tidak bisa menolak dikarenakan di dalam misi tersebut ia harus menyelamatkan istrinya, Natalia Ulanova (Mediha Usliovic).

Natalia menjadi mata-mata untuk menyelidiki calon Presiden Rusia, Arkady Fedorov. Fedorov disinyalir memiliki masa lalu kelam sebagai penjahat perang di Chechen dan itu bisa menggagalkannya dalam pencalonan Presiden Rusia. Terlebih lagi, Natalia memiliki sebuah nama saksi, yaitu Mila Filapova (Olga Kurylenko) yang bisa membuktikan hal itu. Tragisnya, karena Natalia terbongkar identitasnya oleh Fedorov, ia justru diburu oleh CIA.

Inilah sekelumit peristiwa yang terjadi dalam film thriller terbaru, The November Man. Film ini merupakan adaptasi dari sebuah novel yang berjudul There Are No Spies karangan Bill Granger. Bagi Anda yang suka dengan film bertema spy, film ini cukup kompleks untuk sekedar dibilang film spy. The November Man juga mengisahkan konspirasi dan intrik politik tingkat tinggi seorang politisi dan sebuah negara. Namun yang pasti, Anda akan disuguhkan aksi kejar-kejaran mobil dan baku tembak yang cukup menegangkan.

Harus diakui pula Pierce Brosnan yang berperan sebagai Devereaux di film ini masih tampil cukup prima memerankan seorang agen CIA yang terlatih dan mematikan. Sentuhannya di film James Bond belum hilang sepenuhnya. Ia masih tampil impresif dalam melakoni duel dengan aktor yang sejatinya lebih muda darinya, yaitu Luke Bracey. Pesonanya sebagai super spy yang cool saat memerankan James Bond juga masih terlihat di film ini.

Di sisi lain, The November Man juga mengisahkan perjuangan seorang wanita tertindas yang menjadi korban kejahatan perang dan konspirasi politik antara Amerika dan Rusia, yaitu Mila Filapova mencari keadilan. Dibantu oleh Deveraux, Mila berupaya melawan Fedorov yang telah membantai keluarganya di Chechen.

0 comments:

Post a Comment