Home » » PGN rintis Jakarta jadi contoh kota gas di Indonesia

PGN rintis Jakarta jadi contoh kota gas di Indonesia

Written By Admin on Thursday 17 July 2014 | 01:23


Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Hendi Prio Santoso mengadakan pertemuan khusus dengan Plt Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Dalam pertemuan ini, Hendi menyampaikan progres pengembangan infrastruktur gas bumi PGN di Jakarta dan meminta izin untuk menjadikan Jakarta sebagai role model kota gas di Indonesia.

Hendi menjelaskan hingga saat ini PGN sudah memiliki jaringan pipa distribusi gas bumi di DKI Jakarta sepanjang 701 kilometer. Hingga semester pertama tahun ini, khususnya di DKI, PGN sudah menambah jaringan gas sepanjang 60 kilometer.

"Jaringan distribusi di wilayah DKI Jakarta adalah bagian dari jaringan distribusi PGN di Jawa Bagian Barat. Totalnya sepanjang 2.150 kilometer. Adapun panjang pipa PGN secara nasional lebih dari 6.000 kilometer yang membentang di Sumatera dan Jawa," ucap Hendi dalam siaran persnya yang diterima merdeka.com di Jakarta, Rabu (16/7).

Saat ini, jumlah pelanggan PGN di DKI Jakarta sekitar 13.900 pelanggan. Dari jumlah itu, sekitar 13.500 di antaranya adalah pelanggan rumah tangga dan usaha kecil. Adapun jumlah pelanggan PGN secara nasional lebih dari 100.000 pelanggan. "Mayoritas adalah rumah tangga dan pelaku usaha kecil seperti warung bakso, pempek dan lainnya," kata Hendi.

Hendi menjelaskan bahwa saat ini PGN sedang mengerjakan berbagai proyek infrastruktur gas di DKI Jakarta. Proyek itu antara lain pembangunan jaringan gas rumah tangga, pembangunan jaringan gas Ring Line 1 (Muara Karang-Muara Bekasi) sepanjang 45 kilometer, pembangunan stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) dan Mobile Refuelling Unit (MRU) atau SPBG bergerak.

Di sektor rumah tangga pada tahap awal ada 5000-7000 rumah yang teraliri pada 2014 ini. Ini adalah bagian dari Program PGN Sayang Ibu, menambah 1 juta sambungan baru gas rumah tangga.

0 comments:

Post a Comment