Home » » HalalTrip ingin menjadi pemandu wisata halal bagi Muslim

HalalTrip ingin menjadi pemandu wisata halal bagi Muslim

Written By Admin on Tuesday 18 March 2014 | 20:28


Industri pariwisata Muslim sangatlah besar. Sebuah studi memperkirakan bahwa “pasar global industri pariwisata Muslim pada tahun 2011 adalah sebesar USD 126,1 miliar dalam hal pengeluaran1“ atau sekitar 12,3 persen dari pengeluaran wisata global pada tahun tersebut. Diperkirakan bahwa pasar pariwisata Muslim akan tumbuh rata-rata 4,79 persen per tahun sampai tahun 2020.

Inilah alasan mengapa Crescent Rating, sebuah perusahaan rating untuk layanan travel halal yang juga melakukan penelitian tersebut, memutuskan untuk meluncurkan layanan pariwisata Muslim B2C bernama HalalTrip.

Diluncurkan pada bulan Desember, HalalTrip akan menawarkan tiga layanan travel bagi Muslim secara online: pemesanan tiket pesawat, hotel, dan paket tour (yang akan diluncurkan minggu ini). Ketiganya ditawarkan melalui kerjasama dengan perusahaan travel Wego (penerbangan), Booking.com (hotel), dan Kuoni (paket wisata).

Namun, apa yang membuat website ini spesial adalah bahwa ia menawarkan rekomendasi wisata berdasarkan kehalalan dari setiap produk2. “Tingkat kehalalan” didasarkan pada database rating pariwisata halal dari perusahaan induknya. Website ini juga menyediakan direktori untuk restoran halal dan masjid.

Dalam dua sampai tiga minggu ke depan, tim yang berbasis di Singapura ini akan menambahkan “peluncuran besar” di situsnya seperti peningkatan filter pencarian untuk hotel dan penerbangan.
Target utama HalalTrip adalah konsumen di Asia Tenggara, Inggris, Perancis, dan Amerika Serikat.

Tim HalalTrip yang beranggotakan 10 orang ini akan melokalisasi website ini dengan menyediakan konten berbahasa Arab dan Perancis. Mereka juga berencana untuk mendukung pasar lain seperti Indonesia dan Malaysia. Aplikasi iOS Crescent Rating yang menunjukkan waktu shalat selama penerbangan dan arah kiblat yang bernama Crescent Trips juga akan tersedia untuk Android dan akan diintegrasikan di situs HalalTrip.

COO Dany Bolduc mengatakan bahwa sudah ada beberapa layanan travel Muslim, tapi kebanyakan dari mereka terfragmentasi karena berfokus pada suatu negara atau wilayah tertentu. HalalTrip, di sisi lain, melakukannya pada skala global.

Tim HalalTrip saat ini sedang mencari pendanaan seri A.

0 comments:

Post a Comment