Home » » Sri Mulyani, Langganan Penerima Penghargaan Dunia

Sri Mulyani, Langganan Penerima Penghargaan Dunia

Written By Admin on Wednesday 18 December 2013 | 23:49


Pengakuan mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di kancah internasional seolah tak bisa diragukan lagi. Meski dibayangi selimut dugaan keterlibatannya dalam kasus Bank Century, nama Sri Mulyani justru masuk dalam daftar wanita pendobrak ekonomi dunia.

Laman CNN menganggap Sri Mulyani pantas masuk dalam daftar tersebut karena mampu mendobrak tradisi lama yang berlangsung di lembaha keuangan internasional Bank Dunia.
Setelah menuntaskan tugasnya di Tanah Air, wanita berusia 51 tahun ini naik ke panggung internasional dengan memegang berbagai peranan senior di Bank Dunia. Saat bergabung pada 2010, Sri Mulyani bahkan langsung menjabat sebagai Direktur pelaksana dan Chief Operating Officer (COO) di lembaga keuangan internasional paling prestisius tersebut.

Penghargaan yang diberikan CNN ini seolah menambah daftar panjang apresiasi dunia terhadap kiprah mantah petinggi Dana Moneter Internasional (IMF) ini.
Dari penelusuran, berikut adalah penghargaan internasional yang penah disematkan pada Sri Mulyani:

1. The Most Powerful Women 2013

Jabatan: Managing Director World Bank
Peringkat 2013: 55 dunia
Peringkat 2012: 72 dunia

Sri Mulyani masuk dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia pada 2013. Nama mantan petinggi IMF ini sudah seringkali masuk dalam daftar tahunan tersebut.

Forbes mengaku telah menyisir sekitar 250 kandidat dari seluruh dunia. Hasil akhirnya, 100 wanita di dunia dianggap sebagai tokoh paling berpengaruh tahun 2013. Untuk memilih para tokoh, Forbes membuat penilaian berdasarkan tiga kategori yaitu uang, kehadirannya di media, dan pengaruh.
Sebagai tokoh yang berasal dari organisasi nirlaba dan NGO, penilaian Sri Mulyani dari sisi finansial diukur dari rata-rata dana yang dikeluarkan untuk mencapai misi organisasi.

Sementara kehadiran di media diukut berdasarkan seberapa sering tampil di media massa dalam 12 bulan terakhir. Penilaian juga ikut mempertimbangkan peran kandidat di media sosial.
Terakhir, penilaian pengaruh kandidat diukur berdasarkan perannya pada berbagai bidang yang dilakoninya
.
2. Asia Most Powerful Women in Asia

Peran wanita Asia dalam percaturan politik dan bisnis semakin diperhitungkan. Bahkan Forbes sudah sejak lama memantau peran wanita Asia ditandai dengan hadirnya daftar 50 wanita pebisnis paling berkuasa.

Dalam daftar kali ini. Sri Mulyani masuk sebagai salah satu wanita paling berpengaruh khususnya dalam perannya sebagai petinggi di lembaga internasional.

3. World's Top Female Policymakers

Sri Mulyani merupakan salah satu wanita penentu kebijakan dunia. Sejumlah tugas di Bank Dunia yang diembannya sejak Juni 2010 berkaitan dengan 74 negara di tiga kawasan gabungan, Amerika Latin dan Karibia, Asia Timur dan Pasifik, serta Timur Tengah dan Afrika Timur.

Sebelum memegang jabatannya sebagai Direktur Pelaksana di Bank Dunia, dia mengantongi berbagai prestasi. Mantan direktur eksekutif IMF ini juga dikenal pernah membantu proses koordinasi pemerintah dan sejumlah pihak internasional dalam upayanya merekontruksi Aceh yang hancur berantakan dihantam tsunami pada 2004 silam.

Sikap kerasnya menentang korupsi dan melakukan berbagai reformasi dilakukan dengan memperkuat ekonomi dalam negeri dan membawa Indonesia menjadi salah satu anggota G-20. Kelompok tersebut terdiri dari sejumlah negara dengan kekuatan ekonomi terbesar dunia.

0 comments:

Post a Comment