Home » , » Terusik dengan Propaganda Hollywood, Julian Assange Merilis Film Tandingan ‘The Fifth Estate’

Terusik dengan Propaganda Hollywood, Julian Assange Merilis Film Tandingan ‘The Fifth Estate’

Written By Admin on Thursday 14 November 2013 | 14:46


Mungkin banyak orang atau tokoh yang bangga jika kehidupannya diangkat ke layar lebar Hollywood. Tapi tidak begitu dengan Julian Assange.
Pendiri Wikileaks ini justru menyabotase film The Fifth Estate yang notebene merupakan biopik dirinya dengan merilis film tandingan yang bisa diunduh gratis. “Minggu ini, daripada menghabiskan waktu dan uangmu untuk propaganda Hollywood, kenapa tidak mengajak teman-temanmu menonton Mediastan,” ujarnya sambil menyebut film dokumenter produksinya sendiri itu.

Julian memilih tanggal 19-20 Oktober kemarin sebagai waktu pengunduhan gratis dikarenakan bertepatan dengan pemutaran perdana The Fifth Estate yang dibintangi Benedict Cumberbatch. Dilaporkan Digitalspy, Senin (21/10/2013), film ini berhasil diunduh sebanyak 500 ribu copy.

Alhasil, film yang disutradarai oleh Bill Condon itu langsung flop pada pemutaran perdana akhir pekannya dengan pendapatan sebesar US$ 1,7 juta (sekitar Rp 18 miliar) di sekitar 1.700 bioskop di Amerika Serikat dan sekitarnya. Antara The Fifth Estate dan Mediastan memang memiliki plot cerita yang berbeda di samping dari format dan biaya produksi.

The Fifth Estate lebih banyak mengangkat sepak terjang Julian yang mengungkapkan rahasia negara melalui situs Wikileaks, sementara Mediastan lebih mengungkapkan kisah sekelompok jurnalis yang berkelilih ke wilayah Asia Tengah untuk mencari media lokal yang bersedia mempublikasikan rahasia diplomatik Amerika Serikat. Jadi, bagi Anda yang ingin mengetahui kisah Julian Assange, film mana yang akan Anda pilih? Berikut adalah perbandingan dari trailer kedua film tersebut:

The Fifth Estate


Mediastan


0 comments:

Post a Comment