Home » , » Citarum: Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Riverboarding Pertama

Citarum: Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Riverboarding Pertama

Written By Admin on Wednesday 6 November 2013 | 21:09


Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Internasional Riverboarding (olahraga berselancar di sungai) pertama di dunia.
Rencananya, kejuaraan ini bakal digelar pada tanggal 6-10 November 2013, di Bantar Caringin, salah satu bagian daerah aliran sungai (DAS) Citarum - sungai yang dinobatkan sebagai sungai terkotor di dunia oleh National Geographic pada 2010 lalu.

Menurut Ketua Pelaksana, Rahim Asyik Budhi Santoso, puluhan peselancar sungai kelas dunia bakal meramaikan ajang olahraga ekstrim ini. Secara umum para atlet yang bakal bertanding antara lain berasal dari Prancis, Amerika Serikat, Kanada, Afrika Selatan, Selandia Baru, Australia, Malaysia, Kosta Rika, Guatemala dan tuan rumah Indonesia. Beberapa nomor akan dikonteskan dalam kejuaraan dunia kali ini: Boardercross, Endurocross, Downriver Freestyle dan Slalom.

Selama ini Riverboarding sebagai olahraga tak begitu dikenal di Indonesia. Penggemarnya sangat terbatas, yakni dalam lingkup para pengarung jeram dan pencinta olahraga ekstrim di air. “Event ini punya tujuan juga untuk mengenalkan kepada masyarakat olahraga berselancar sungai,” ujar Rahim.

Sejauh ini kata Rahim, di beberapa negara di mana Riverboarding dikenal, kejuaraan selancar sungai hanya digelar dalam skala nasional. Prancis - negara di mana olahraga ekstrim ini ditemukan pertama kali - paling sering mengadakan kejuaraan berskala nasional.

Beberapa peselancar dunia yang sudah menyatakan keikutsertaannya, antara lain, French Downriver Champion 2012, Adeline Hachet asal Prancis, kemudian French Downriver Champion 2013, Gaultier le Begue, lalu ada French Slalom Champion 2013, Bob Lataste, serta juara nasional Kejuaraan Nasional Riverboarding 2013 Indonesia, Edi Buaya asal Probolinggo, Jawa Timur.

0 comments:

Post a Comment