Home » , » Awas! Makan Gorengan Bisa Jadi Penyebab Munculnya Kanker Prostat

Awas! Makan Gorengan Bisa Jadi Penyebab Munculnya Kanker Prostat

Written By Admin on Thursday 28 February 2013 | 00:29


Penyakit kanker prostat adalah salah satu penyakit serius yang paling ditakuti pria. Nah, jika Anda termasuk salah satu dari pria ini, sebaiknya kurangi konsumsi makanan berminyak atau gorengan. Pasalnya, dalam studi yang dilakukan Fred Hutchinson Cancer Research Center, jika makan gorengan lebih dari sekali dalam seminggu makan bisa meningkatkan resiko kanker prostat. Selain itu, gorengan juga menjadi penyebab menumpuknya lemak di perut dan pinggang pria.

Adapun fakta itu didapati melalui penelitian terhadap 3.041 relawan pria berusia 35 tahun hingga 74 tahun, di mana ada 1.549 relawan diketahui memiliki keluhan kanker prostat. Sementara sisanya tidak memiliki penyakit ini di tubuhnya.

Relawan yang makan gorengan lebih dari sekali dalam seminggu memiliki kenaikan risiko kanker prostat sebesar 30-37%. Mengenai hal ini, Janet L Stanford, Ph.D., peneliti, mengatakan, kemungkinan hubungan ini disebabkan adanya senyawa yang terbentuk dalam proses penggorengan yang bersifat karsinogen atau menyebabkan kanker.

“Ini adalah studi pertama yang melihat hubungan antara asupan makanan yang digoreng dan risiko kanker prostat,” kata Stanford, seperti dikutip Huffington Post.

Menurutnya, salah satu senyawa yang terbentuk adalah accrilamide pada kentang goreng. Atau, pada daging yang digoreng dalam suhu tinggi, bisa memunculkan senyawa karsinogen berupa heterocyclic amines dan polycyclic aromatic hydrocarbons. Jadi, jika ingin jauh dari resiko kanker prostat, sebaiknya jauhi gorengan!

0 comments:

Post a Comment