Home » , » 6 Jurus Pamungkas Anime Paling Dikenang

6 Jurus Pamungkas Anime Paling Dikenang

Written By Admin on Thursday 19 February 2015 | 00:46


Genre fantasi dan laga telah menjadi pilihan utama bagi para penggemar anime di Jepang. Karena biasanya, tema-tema tersebut selalu disisipkan oleh unsur humor dan drama yang bersifat positif. Ditambah lagi, ada beberapa jurus pamungkas fiksi yang menghiasi setiap episode.

Dari sekian banyak jurus pamungkas yang diciptakan masing-masing pengarang di setiap judulnya, kebanyakan memiliki sebuah mantra yang diucapkan oleh karakter penggunanya. Sehingga, setiap jurus pun pada akhirnya memiliki sebuah nama.

Hal itu bisa disejajarkan dengan beberapa film atau cerita bela diri di negara lain, termasuk Indonesia. Di Tanah Air, ada beberapa jurus ajian atau ilmu yang juga memiliki nama. Wiro Sableng misalnya, ia memiliki jurus bernama 'Pukulan Sinar Matahari'.

Di Jepang sendiri, pahlawan seperti Ksatria Baja Hitam (Kamen Rider Black) memiliki jurus pamungkas 'Tendangan Maut' ('Rider Kick'). Jurus pamungkas paling populer juga ada di dunia video game. Contoh saja jurus 'Hadou Ken' milik Ryu di Street Fighter.

Lantas, jurus-jurus pamungkas apa saja yang sulit dilupakan di dunia anime maupun manga?


1. Kamehameha - Dragon Ball

Selain cerita dan karakternya yang unik manga serta anime Dragon Ball memiliki kelebihan dalam menghadirkan adegan pertempuran. Dikarenakan, hampir semua tokoh ciptaan Akira Toriyama ini memiliki kemampuan bertarung yang luar biasa.

Jurus-jurus andalan pun dilancarkan oleh setiap karakter yang bertarung. Dari sekian banyak yang dihadirkan, Kamehameha salah satunya. Jurus yang memiliki arti harafiah Gelombang Penghancur Kura-kura itu biasanya sering dipakai karakter utamanya, Son Goku.



Karakter Master Roshi digambarkan sebagai penemunya. Kamehameha memiliki daya hancur yang sangat luar biasa, tergantung kekuatan penggunanya. Jurus ini keluar setelah pemakainya mengumpulkan energi di samping pinggang melalui kedua telapak tangan lalu melepaskannya.


2. Diamond Dust (Debu-debu Intan) - Saint Seiya

Diamond Dust atau Debu-debu Intan menjadi salah satu yang tak terlupakan di dunia anime. Jurus ini boleh disebut sebagai salah satu yang paling populer di dalam kisah anime Saint Seiya setelah Pegasus Ryuseiken (Tinju Meteor Pegasus) milik Pegasus Seiya.




Debu-debu Intan sendiri adalah jurus yang dilancarkan oleh Cygnus Hyoga. Sebelum ilmunya dilontarkan, Hyoga melakukan gerakan indah dengan tangannya, hingga akhirnya ia menembakkan kristal-kristal salju ke arah musuh.


3. Hiten Mitsurugi-ryu - Rurouni Kenshin / Samurai X

Memiliki arti harafiah 'Aliran Pedang Surga Terbang Mulia', Hiten Mitsurugi-ryu digambarkan sebagai seni pedang kuno dalam anime Rurouni Kenshin yang memungkinkan penggunanya memiliki kecepatan dan refleks super.

Tokoh utamanya, Kenshin Himura mampu memprediksi gerakan lawan serta melancarkan banyak teknik pedang yang kuat setelah menguasainya.





Teknik-teknik ini awalnya untuk tujuan menghabisi nyawa lawan. Tetapi Kenshin yang bersumpah untuk tidak membunuh, melancarkan serangan ini dengan menggunakan Pedang terbalik miliknya. Sehingga, orang yang diserangnya masih pun hidup.


4. Gomu Gomu no Pistol - One Piece

Serangan Gomu Gomu no Pistol (Pistol Karet) adalah salah satu jurus pamungkas yang dilancarkan oleh Monkey D. Luffy, tokoh utama di anime One Piece yang berubah menjadi manusia karet setelah memakan buah iblis.



Jurus ini juga menjadi serangan yang pertama kali dilancarkan oleh Luffy di awal cerita One Piece. Seiring berjalannya cerita, terdapat beberapa jurus mematikan lain yang dikembangkan oleh Luffy.

Contoh pengembangannya antara lain adalah Gomu Gomu no Pistol Shot, Gomu Gomu no Rocket, Gomu Gomu no Bazooka, hingga Gomu Gomu no Cannon.


5. Kage Bunshin no Jutsu - Naruto

Kage Bunshin no Jutsu atau yang memiliki makna Teknik Membelah Bayangan, merupakan jurus umum di anime Naruto yang membuat para pemakai bisa memperbanyak dirinya supaya lawan-lawannya terkecoh ataupun babak belur.

Meskipun begitu, Naruto sang tokoh utama anime dan manga ini, memiliki bakat untuk mengembangkan Kage Bunshin no Jutsu sebagai jurus maut hingga menjadi Taju Kage Bunshin no Jutsu yang memungkinkannya membelah diri hingga berjumlah ratusan.



Seiring berkembangnya cerita, Kage Bunshin no Jutsu bisa membantu Naruto dalam melancarkan serangan-serangan mematikan seperti Rasengan maupun Tairengan.


6. Tsu Hai Ken (Kung Fu Peremuk Tulang) - Kung Fu Boy

Diperkenalkan pertama kali melalui manga dan anime Kung Fu Boy, (berjudul Ironfist Chinmi di Amerika dan Tekken Chinmi di Jepang), Tsu Hai Ken adalah salah satu jurus maut di dalam cerita garapan Takeshi Maekawa ini.



Jurus yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi Kung Fu Peremuk Tulang ini, memungkinkan siapapun yang menguasainya, termasuk Chinmi selaku karakter utamanya, sanggup membuat tulang-tulang di dalam tubuh lawan mengalami kerusakan setelah menerima serangan.


Rei-Gun - Yu Yu Hakusho

Memiliki arti harafiah Spirit Gun atau Pistol Roh, jurus andalan milik Yusuke Urameshi di anime Yu Yu Hakusho ini, sempat melekat di telinga para pecinta anime era 1990-an.


Rei-Gun dilontarkan oleh Yusuke dengan cara membuat kepalan tangan yang membentuk pistol, hingga energi roh berkumpul di jari telunjuknya. Setelah sasaran ditentukan, Yusuke pun menembakkannya seperti sebuah pistol.


1 comments:

  1. keren tuh jurus peremuk tulang tp sangat menguras tenaga..

    ReplyDelete