Home » , , » Sepatu Dahlan : Kisah Masa Lalu Dahlan Iskan Menghadapi Kemiskinan

Sepatu Dahlan : Kisah Masa Lalu Dahlan Iskan Menghadapi Kemiskinan

Written By Admin on Wednesday 9 April 2014 | 17:50


Nama besar Dahlan Iskan sebagai Menteri BUMN memang sudah diketahui seluruh masyarakat, tapi apakah Anda tahu bagaimana perjuangan hidupnya yang ternyata pernah mengalami hidup dibawah garis kemiskinan.

Film Sepatu Dahlan bercerita tentang perjalanan hidup seorang Dahlan Iskan (Aji Santosa) semasa kecil, ia merupakan anak ketiga dari empat bersaudara yang bertempat tinggal di Kebon Dalem. Dahlan yang akan masuk kebangku SMP dijanjikan oleh ayahnya untuk dibelikan sepatu, namun harapan itu ternyata mendapat banyak sekali hambatan.


Ayah Dahlan (Donny Damara) hanya seorang buruh serabutan yang mendapat penghasilan seadanya, sedang sang ibu (Kinaryosih) bekerja sebagai pembatik didesanya, jadi tidak mudah untuk kedua orang tua ini untuk membelikan sepatu yang saat itu termasuk benda dengan harga mahal.

Penderitaan yang dialami Dahlan tidak hanya disitu, ia juga harus menuruti keinginan sang ayah untuk masuk ke pesantren Takeran karena terbentur dengan biaya sekolah yang tinggi. Padahal Dahlan ingin masuk ke SMP 1 Magetan. Perjuangan Dahlan memang berat, dimana ia harus berjalan kaki tanpa memakai sepatu untuk pergi kepesantren dengan jarak tempuh yang jauh.

Film garapan Benni Setiawan ini memang tepat rasanya untuk dijadikan tontonan bagi para anak bangsa, karena di film ini menampilkan kisah inspiratif tetapi juga penuh dengan pesan-pesan moral yang mulia seperti ucapan Dahlan dalam salah satu adegan yaitu ingin menjadi orang kaya yang beriman.

Diproduksi oleh Mizan Production dan Semesta Pro & Expose Pictures, film ini berhasil dalam membentuk kembali rumah Dahlan tempo dulu, sehingga kediaman dan beberapa tempat lain di film ini seakan mirip dengan keadaan dimasa lalu. Detail dari setiap properti yang dipakai juga sangat teliti digunakan seperti rapor dan uang jaman dahulu yang digunakan selama syuting film ini.

Apalagi suasana di film ini semakin hidup dengan akting para pemainnya yang mampu membawa penonton ikut terhanyut didalamnya. Selain memberikan tontonan yang mendidik, film ini juga menampilkan adegan yang 'menyentuh' yang akan memancing para penontonnya meneteskan air mata.

Secara keseluruhan, film ini sangat layak untuk ditonton oleh semua kalangan usia khususnya para generasi muda, agar bisa mengambil contoh kegigihan sosok Dahlan yang berhasil keluar dari zona kemiskinan dari usaha kerasnya. Film ini turut dibintangi oleh beberapa aktor/aktris ternama seperti Aji Santosa, Donny Damara, Kinaryosih, Teuku Rifnu Wikana, Mucle Katulistiwa, H.Kirun, dan Ray Sahetapy.

0 comments:

Post a Comment