Home » » Cara Membuat iPhone Membacakan Semua yang Ada pada Layar

Cara Membuat iPhone Membacakan Semua yang Ada pada Layar

Written By Admin on Wednesday 9 April 2014 | 19:28


Ingin membuat iPhone Anda membacakan hampir semua yang ada pada layar ponsel? Ini dia caranya. Catatan: Untuk mengaktifkan salah satu fitur iPhone yang dijelaskan di sini, buka Settings → General → Accessibility.

VoiceOver

VoiceOver adalah pilihan yang membuat iPhone menyuarakan segala sesuatu yang Anda sentuh - bahkan status indikator kecil di bagian atas layar.

Pada panel pengaturan VoiceOver, tekan tombol On/Off untuk menghidupkan VoiceOver. Karena VoiceOver secara radikal mengubah cara Anda mengontrol ponsel, Anda harus mengabaikan peringatan untuk mengonfirmasi bahwa Anda tahu apa yang Anda lakukan. Maka dalam sekejap, Anda akan mendengar suara seorang wanita yang mulai membaca nama-nama kontrol yang ia lihat di layar.

Anda juga dapat mengatur kecepatan pelafalan dari suara bantuan tersebut.


Kini Anda telah siap untuk mulai menggunakan iPhone dalam mode VoiceOver. Ada banyak yang harus dipelajari untuk benar-benar menguasainya, tapi inilah gambarannya:

Tekan sekali untuk mendengarnya. Sentuh ikon, kata-kata, bahkan ikon status di bagian atas; ketika Anda melakukannya, VoiceOver memberitahu Anda apa yang Anda tekan, seperti “Messages.”  “Calendar.” “Mail — 14 new items.”  “45 percent battery power.” Anda juga dapat menyentuh titik-titik pada layar Home, dan Anda akan mendengar, “Page 3 of 9.”

Setelah Anda menyentuh elemen layar, Anda juga dapat menyapukan jari Anda ke kiri atau ke kanan - di mana saja di layar - untuk menjelajahi segala sesuatu yang ada pada layar, kiri ke kanan, atas ke bawah.

Double-tap, atau dua kali sentuh pada layar untuk membuka. Biasanya, Anda menekan sesuatu pada layar untuk membukanya. Tapi karena single-tap, atau sekali sentuh, kini akan mengeluarkan suara dari VoiceOver, Anda membutuhkan cara baru untuk membuka semuanya. Jadi: Untuk membuka sesuatu yang baru saja Anda dengar dari VoiceOver, Anda perlu melakukan double-tap pada ikon yang Anda pilih di layar. (Anda tidak perlu menunggu suara VoiceOver selesai berbicara.)

Ada berbagai macam gerakan khusus lainnya di VoiceOver. Anda bisa membuat suara berhenti berbicara dengan cara two-finger tap, atau menekan dengan dua jari; membaca semuanya, secara berurutan, dari atas layar dengan sentuhan ke atas dengan dua jari; scroll satu halaman dengan sentuhan ke bawah atau ke atas dengan tiga jari; mengakses layar berikutnya atau sebelumnya (Home, Stocks, dan sebagainya) dengan sentuhan ke kanan atau kiri dengan tiga jari; dan banyak lagi.

Atau Anda juga bisa mencoba menyalakan Screen Curtain dengan ketukan tiga kali dengan tiga jari. Cara tersebut membuat layar menjadi serba hitam, memberikan Anda privasi lebih dan dapat menghemat baterai. Lakukan cara yang sama untuk menghidupkan kembali layar.


Pada layar pengaturan VoiceOver, Anda akan menemukan banyak pilihan untuk menggunakan iPhone tanpa mengerahkan banyak usaha.

Speak Selection

Pilihan nyaman ini menambahkan sebuah perintah Speak baru pada tombol yang muncul setiap kali Anda menyorot teks dalam aplikasi apa pun. Tekan tombol tersebut agar membuat ponsel Anda membacakan teks yang dipilih dengan suara. Anda bisa melakukannya pada pesan email, halaman web, pesan teks, apa pun itu.

Speak Auto-text

Masih ingatkan Anda bagaimana iPhone menyarankan kata pilihan saat Anda mengetik? Pilihan yang ada pada Settings → General → Accessibility membuat iPhone menyebutkan setiap saran yang diberikan.

Efek tersebut memiliki tiga manfaat.

Pertama, tentu saja, membantu tunanetra jadi tahu apa yang mereka ketik. Kedua, mata Anda tidak harus terpaku pada keyboard, yang tentunya sangat bagus untuk kecepatan dan konsentrasi. Ketiga, jika Anda melakukan zoom in, Anda mungkin tidak dapat melihat kata yang disarankan di bawah teks yang Anda ketik, namun kini Anda masih tahu kata apa yang disarankan meski tidak kelihatan tertutup jari Anda itu.

0 comments:

Post a Comment