Home » » Kereta Shinkansen Jakarta-Bandung Lebih Cepat dari Pesawat

Kereta Shinkansen Jakarta-Bandung Lebih Cepat dari Pesawat

Written By Admin on Sunday 2 February 2014 | 22:44


Rencana pembangunan fasilitas transportasi masal kereta cepat Shinkansen disambut positif sejumlah kalangan. Dengan waktu tempuh sekitar 37 menit, kereta Shinkansen Indonesia ini dianggap lebih efektif ketimbang pesawat.

Pengamat Transportasi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Joko Stijowarno memperkirakan kehadiran kereta cepat bakal menggeser minat masyarakat yang sebelumnya menggunakan angkutan udara kembali lagi ke angkutan darat.

Alasannya, posisi stasiun yang berada ditengah kota akan lebih mudah dijangkau ketimbang jarak ke Bandara yang berada dipinggiran kota dan memakan waktu lama untuk mecapainya.

"Bandara kan daerah pinggiran butuh waktu satu jam (jarak tempuhnya)," kata Joko, saat berbincang, Minggu (2/2/2013).

Djoko menambahkan, efektivitas kereta dibanding pesawat setidaknya sudah terbukti di beberapa kota di luar negeri. Salah satu contohnya adalah kereta cepat dari Paris menuju Brussels.

Sebelumnya, Pengamat Transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Darmaningtyas justru menilai Indonesia tidak membutuhkan fasilitas umum kereta cepat Shinkansen. Pasalnya fasilitas kereta api yang ada sudah cukup menunjang.

Pemerintah justru hanya cukup mengoptimalkan dan membenahi fasilitas-fasilitas yang sudah ada. Harapannya gangguan-ganguan operasional kereta dapat diminimalisasi agar laju kereta bisa berjalan lancar dan cepat.

"Optimalkan saja yang ada, tinggal jalur kereta api yang curam di pick up dengan tanggul sehingga kereta lebih cepat tanpa khawatir masuk jurang," tutupnya.

0 comments:

Post a Comment