Home » , » Film Superhero Asal Vietnam Ini Mampu Saingi Buatan Indonesia?

Film Superhero Asal Vietnam Ini Mampu Saingi Buatan Indonesia?

Written By Admin on Thursday 8 January 2015 | 19:12


Perkembangan dunia sinema di Vietnam memang tidak senyaring negara-negara tetangganya. Namun belakangan ini, para sineas dari negara berjuluk Negeri Paman Ho itu, tengah mempromosikan film superhero orisinil terbarunya, Sieu Nhan X (`Manusia Super X`).

Dilansir dari Twitchfilm belum lama ini, film tentang pahlawan super bertopeng tersebut disutradrai oleh Nguyen Quang Dung dan dijadwalkan untuk tayang di musim liburan setempat pada 2015 ini.

Kabarnya, Sieu Nhan X bakal rilis di bioskop Vietnam pada liburan Tet, perayaan Tahun Baru Vietnam yang bertepatan dan serupa dengan dengan perayaan Tahun Baru Tiongkok. Jadwal tersebut dirasa tepat oleh pihak studio dalam merilis film-film lokal yang dianggap besar dan terbaik.

Pertanyaan pun terlontar dari berbagai pihak mengenai kesanggupan Sieu Nhan X untuk diterima masyarakat Vietnam. Melihat trailer yang ada, film ini mengingatkan kita pada judul-judul superhero garapan Marvel Studios. Bukan lantaran efek visualnya yang canggih, namun dikarenakan banyaknya unsur humor yang disajikan.

Memang gaya humor yang ada di dalamnya, penuh dengan hal-hal bertema slapstick maupun lelucon-lelucon yang sepertinya hanya diketahui oleh warga negara setempat, terlepas dari bahasa nasionalnya.

Bahkan, beberapa elemen yang ada di film pahlawan bertopeng ini cukup mengikuti gaya tokusatsu asal Jepang. Beberapa adegan pertarungannya pun sangat khas layaknya film-film laga beladiri Asia.

Melalui trailer, terlihat juga semangat para penggarap film yang terasa sangat kuat dalam membuat Sieu Nhan X seorisinil mungkin. Dalam hal efek, memang film ini kurang maksimal. Namun usaha mereka mampu membuatnya memiliki karakter serta daya tarik khas Vietnam.

Memang jika kita menoleh ke Indonesia, beberapa superhero buatan dalam negeri masih terpengaruh desain serta budaya Amerika maupun Jepang. Maka, Sieu Nhan X bisa menjadi pembelajaran tersendiri bagi para komikus maupun sineas Tanah Air untuk ke depannya.

Sieu Nhan X boleh dibilang sebagai superhero original pertama yang berasal dari Vietnam. Namun, karakter dari Negeri Paman Ho itu bukanlah yang pertama kalinya di dunia komik superhero.

Sebelumnya sudah ada Bengal dari Marvel Comics, Karma dari New Mutants, dan Mantis dari Avengers.


0 comments:

Post a Comment