Home » » Unik, 'pasir' di pantai ini berbentuk bintang!

Unik, 'pasir' di pantai ini berbentuk bintang!

Written By Admin on Saturday 22 March 2014 | 22:40


Hoshizuna no Hama adalah sebuah pantai kecil yang terletak di ujung utara dari Pulau Iriomote di Prefektur Okinawa, di Jepang. Hoshizuna no Hama sendiri memiliki arti "pantai pasir bintang". Nama itu diambil karena butiran pasir di pantai ini berbentuk seperti bintang kecil.

Butiran pasir yang berbentuk bintang itu sebetulnya bukan pasir, melainkan exoskeleton (kerangka eksternal yang mendukung dan melindungi tubuh hewan) dari organisme kecil bersel satu yang berukuran hanya sekitar satu milimeter. Organisme itu juga disebut Baclogypsina sphaerulata yang biasa hidup di antara rumput laut.

Baclogypsina sphaerulata sendiri, seperti dilansir amusingplanet, merupakan protozoa dari keluarga Calcalinidae, yang memiliki bentuk seperti bintang. Mereka memiliki 5 atau 6 duri runcing atau lengan yang membantu mereka bergerak dari satu tempat ke tempat. Kulit terluar mereka terbuat dari kalsium karbonat, dan ketika mereka mati, kerangka mereka yang berbentuk bintang tertinggal di pantai dalam jumlah yang sangat besar.

Waktu terbaik untuk menemukan makhluk-makhluk ini, atau lebih tepatnya kerangka mereka, adalah setelah topan atau air pasang. Karena saat itu, air laut akan membawa mereka ke pinggiran pantai.



0 comments:

Post a Comment