Home » » Robot Lego Pecahkan Rekor Permainan Rubik

Robot Lego Pecahkan Rekor Permainan Rubik

Written By Admin on Thursday 20 March 2014 | 01:11


Cuberstormer 3 memang memakan waktu 18 bulan pembuatan, namun robot ini hanya memerlukan waktu 3,253 detik untuk menyelesaikan Rubik. Dengan waktu secepat itu, Cuberstormer 3 sukses memecahkan rekor sebelumnya.

Cuberstormer 3, yang dipamerkan dalam ajang Big Bang Fair di Birmingham, Inggris, tersusun dari balok-balok Lego namun menggunakan smartphone Samsung Galaxy S4 dengan tambahan chip ARM khusus sebagai otaknya. Chip ini akan menganalisis Rubik yang sudah diacak dan memberikan daya bagi masing-masing dari empat “tangan” Cuberstormer 3, yang memutar-mutar Rubik hingga susunannya sempurna.

Cubestormer 3 diciptakan oleh teknisi ARM David Gilday dan teknisi sistem keamanan Securi-Plex Mike Dobson. Rekor yang berhasil dipecahkan Cubestormer 3 hanya terpaut dua detik dari rekor sebelumnya, yang dipecahkan oleh Cuberstormer 2, yang tidak lain juga merupakan ciptaan kedua teknisi tersebut.


“Kami tahu Cubestormer 3 berpotensi untuk memecahkan rekor sebelumnya, namun karena robot ini melakukan gerakan lebih cepat daripada kemampuan mata kita, maka selalu ada risiko,” ujar Gilday. “Pada akhirnya, waktu yang kami habiskan untuk menyempurnakan robot ini dan memastikan fungsi mesin dan kecerdasannya terbayarkan. Tantangan terbesar kami saat ini adalah mencari tahu apakah Cubestormer 3 dapat bergerak lebih cepat lagi.”

Selain menciptakan rekor baru menyelesaikan Rubik standar dengan waktu tercepat, dua robot bertenaga smartphone lainnya ciptaan Gilday berhasil mencetak rekor waktu baru. Kedua robot tersebut adalah MultiCuber 3 yang berhasil menyelesaikan Rubik 4x4x4 dalam waktu satu menit, 18,68 detik, dan MultiCuber 999 yang berhasil menyelesaikan Rubik 9x9x9 dalam waktu 34 menit, 25,85 detik.

0 comments:

Post a Comment