Home » » Lahar Dingin Kelud Masih Ancam 34 Desa

Lahar Dingin Kelud Masih Ancam 34 Desa

Written By Admin on Tuesday 18 February 2014 | 22:02


Meski aktivitas Gunung Kelud sudah menurun, warga sekitar tetap diminta waspada bila melihat awan gelap di puncak gunung itu. Potensi lahar dingin mengancam 28 desa di Kabupaten Blitar dan enam desa di Kabupaten Kediri.

"Waspada dengan potensi lahar dingin," kata Kepala Pos Pantau Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi Gunung Kelud di Dusun Margomulyo, Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kediri, Choirul Huda pada Tempo, Selasa, 18 Februari 2014.

Hujan deras disertai petir dan kilat memang sempat terjadi pada Senin malam. Demikian pula pada sehari sebelumnya. Lahar dingin dimungkinkan mengalirkan 105 juta meter kubik material vulkanik Gunung Kelud.


Sementara itu, jumlah pengungsi letusan Gunung Kelud di Kabupaten Kediri mencapai 36.240 yang berada di 96 titik lokasi. Kepala Bidang Penerangan dan Informasi Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Pengungsi Kabupaten Kediri Rahmat Mahmudi mengatakan data tersebut yang berhasil terinventarisasi sementara dari empat kecamatan: Kepung, Puncu, Ngancar, dan Plosoklaten.


Namun, kata Rahmat, jumlah itu masih bisa berubah-ubah karena sebagian besar pengungsi kembali ke rumah mereka, terutama pada siang hari. "Kalau siang, tempat pengungsian banyak yang kosong. Kalau malam, mereka baru datang lagi," ujarnya.

0 comments:

Post a Comment