Home » » Hujan deras, puluhan rumah dan sawah di Klaten terendam

Hujan deras, puluhan rumah dan sawah di Klaten terendam

Written By Admin on Wednesday 22 January 2014 | 23:50


Akibat hujan deras selama 4 hari, puluhan rumah dan puluhan hektar sawah di Desa Kragilan, Gantiwarno, Klaten Jawa Tengah diterjang banjir, Rabu (22/1). Banjir terjadi akibat sungai di desa setempat meluap tak mampu menahan air.

Akibat banjir tersebut, aktivitas warga menjadi lumpuh. Pasalnya genangan air setinggi 30 centimeter masuk ke rumah warga. Warga yang panik bahkan mengungsikan beberapa perabotan rumah tangga dan barang berharga ke tempat yang lebih tinggi.

Ketua RT 02 RW 07 Desa Kragilan, Sukimin mengatakan banjir yang terjadi di desanya diakibatkan hujan deras yang terus turun dalam 4 hari terakhir.

"Banjir mulai masuk ke rumah warga Rabu dini hari sekitar pukul 03.00 WIB. Ada sekitar 50 kepala keluarga (KK) rumahnya ikut tergenang," ujar Sukimin ketika ditemui wartawan, Rabu (22/1).

Ungkapan senada disampaikan warga lainnya, Suwarno (49). Menurutnya, banjir terjadi akibat hujan yang terus menerus sejak hari Minggu. Hal tersebut diperparah dengan buruknya saluran air sungai desa Kragilan.

"Saluran sungainya sudah rusak parah. Kalau hujan deras pasti airnya meluap hingga merendam sawah dan perkampungan," ungkapnya.

Banjir di Klaten, juga merendam puluhan hektar sawah. Kepala Desa Kragilan, Bambang Samiyo mengatakan, tanaman padi yang kebanjiran masih berusia 3 minggu.

"Ada 30an hektar yang terendam. Kalau dihitung kerugiannya sekitar Rp 20 juta lebih. Meluapnya sungai Kragilan akibat tak berfungsinya sipon (pembuangan air)," terangnya.

0 comments:

Post a Comment