Home » , , » The Butler : Perjuangan Seorang Pelayan di Gedung Putih

The Butler : Perjuangan Seorang Pelayan di Gedung Putih

Written By Admin on Wednesday 23 October 2013 | 21:31


The Butler adalah sebuah film yang diangkat dari kisah nyata seorang pelayan kepresidenan bernama Eugene Allen, yang telah mengabdi selama 34 tahun untuk 8 presiden Amerika Serikat.
Dalam film ini nama Eugen Allen diubah menjadi Cecil Gaines, yang diperankan sangat apik oleh aktor hebat Forest Whitaker. Film tersebut diawali dengan masa kecil Cecil Gaines yang sangat pedih. Bocah kecil itu harus menyaksikan orang tuanya mati ditembak oleh seorang warga kulit putih yang juga merupakan pemilik ladang kapas tempat ayahnya bekerja. Selain harus dihadapkan oleh kematian sang ayah, Cecil juga harus membesarkan hati melihat sang ibu yang diperankan oleh Maria Carey, menjadi wanita gila setelah diperkosa oleh sang majikan yang juga pembunuh ayahnya itu.

Ketegangan seakan terus ditampilkan pada film ini, dimana nyawa seorang warga kulit hitam kala itu menjadi sangat tidak berharga. Mereka juga tidak mendapatkan kekuatan hukum yang sama dengan warga kulit putih. Cecil kecil pun harus menghadapi keadaan itu meskipun pada akhirnya ia diangkat oleh nenek pemilik ladang kapas, untuk menjadi pelayan di rumahnya. Disana ia mendapatkan pelajaran yang sangat berharga meski tidak sekolah. Selain itu ia ternyata memiliki bakat yang lebih sebagai pelayanan ketimbang orang-orang kulit putih, hingga pada akhirnya ia memberanikan diri untuk keluar dari desanya demi mencari kehidupan yang lebih layak. Perjuangan Cecil ternyata lebih sulit saat ia harus berjuang hidup diluar desanya.

Ia bahkan harus mengalami kelaparan dan kehujanan tanpa seseorang pun yang mau berbelas kasih padanya. Beruntung Cecil bertemu dengan seorang pengajar pelayan yang bekerja di hotel mewah di Amerika hingga akhirnya ia mendapat pekerjaan disana. Perlahan namun pasti, karir Cecil terus meningkat dan mampu membawanya hingga ke Gedung Putih. Meskipun demikian, ternyata ketidakadilan masih saja mengikuti Cecil ke Istana Kepresidenan Amerika Serikat hanya karena ia merupakan warga kulit hitam. Selain memiliki jalan cerita yang menarik, film ini juga dibintangi oleh aktor kawakan Forest Whitaker, dan beberapa penampilan apik dari para artis terkenal seperti Oprah Winfrey serta Mariah Carey. Pada film ini juga diselipkan adegan dari beberapa peristiwa penting yang terjadi di Amerika Serikat dan bagaimana kondisi Gedung Putih sehari-hari.

 Di film yang berdurasi 132 menit ini, penonton akan disajikan berbagai macam adegan yang menegangkan ditambah beberapa sisipan peristiwa yang dapat memancing emosi dari penggambaran kisah hidup Cecil. Maka tak heran, jika banyak pesan positif yang bisa diambil dari film The Butler seperti ketegaran hati, semangat untuk tidak pernah mau menyerah, kesabaran dan makna kasih saya sayang sesama umat manusia. Secara keseluruhan, film arahan sutradara Lee Daniels ini sangatlah menarik untuk disimak karena selain diangkat dari kisah nyata, film tersebut juga mampu menginspirasi banyak orang tentang bagaimana kita harus menghadapi berbagai permasalahan hidup. Penasaran apa yang terjadi pada keluarga Cecil Gaines setelah ia bekerja di Gedung Putih, dan apa kaitan antara keluarga Cecil dengan perjuangan warga kulit hitam?

0 comments:

Post a Comment