Home » » Walhi: Empat Faktor Penyebab Hutan Indonesia Rusak

Walhi: Empat Faktor Penyebab Hutan Indonesia Rusak

Written By Admin on Friday 12 September 2014 | 20:29


Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Nasional menyatakan ada empat faktor yang saat ini tercatat sebagai penyebab kerusakan hutan di Indonesia.


"Empat faktor yang kami ketahui itu, yakni adanya hutan tanaman industri, perkebunan kelapa sawit, tambang dan hak pengusahaan hutan (HPH)," kata Manajer Hutan dan Perkebunan Walhi Nasional Zenzi Suhadi di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, keempat faktor penyebab kerusakan hutan itu sudah mulai terjadi sejak zaman reformasi hingga saat ini.

Beda bila dibandingkan pada zaman pemerintahan orde baru dimana penyebab kerusakan hutan hanya satu faktor, yaitu maraknya ilegal logging.

"Pemerintah harus lebih ekstra dalam menangani pelestarian hutan di Indonesia karena apabila hanya tutup mata lama kelamaan hutan kita ini akan hilang dan bencana akan muncul," ucapnya.

Dikatakannya, sejak zaman reformasi hingga 2011 kerusakan hutan di Indonesia sudah mencapai hingga 56 juta hektar dan tidak menutup kemungkinan kerusakan hutan akan terus bertambah.

"Dari data dua tahun terakhir ini karusakan hutan di setiap pulau hampir merata hingga mencapai satu juta hektare luasnya itu disebabkan karena adanya perkebunan," tuturnya.

Untuk itu pemerintah harus bisa bersikap lebih tegas guna melakukan tindakan hukum terhadap siapapun, baik itu perorangan ataupun perusahaan yang kedapatan merusak hutan saat melakukan operasional perusahaan.

Sedangkan untuk kepala daerah sebagai pemberi izin membuka lahan terhadap perusahaan, haruslah benar-benar meninjau dan melihat lokasi di lapangan, apakah perusahaan itu nantinya dalam beroperasi merusak hutan atau tidak.

"Kami berharap pemerintah serius dalam melakukan pelestarian hutan dan juga bisa bersikap tegas kepada setiap perusahaan yang telah tertangkap tangan melakukan perusakan hutan," ujar laki-laki bertubuh tinggi itu.

0 comments:

Post a Comment