Home » , » EKSKLUSIF Sharlto Copley Akan Selalu Ada di Film Neill Blomkamp?

EKSKLUSIF Sharlto Copley Akan Selalu Ada di Film Neill Blomkamp?

Written By Admin on Wednesday 11 March 2015 | 17:50


Jika Anda menonton film-film Neill Blomkamp akan ada satu nama yang selalu hadir: Sharlto Copley.

Di film panjang pertama Hollywood Neill, District 9, (2009), Copley berperan sebagai pria yang terinfeksi cairan yang membuatnya berubah wujud jadi alien. Sedang di Elysium (2013), Copley menjadi tokoh antagonis yang bertarung dengan Matt Damon.

Begitu juga di film teranyar Neill Blomkamp, Chappie. Memangnya ada Sharlto Copley di Chappie? Ya, di Chappie wujudnya memang tak tampak. Tapi Copley justru berperan teramat penting di film tersebut. Sharlto adalah aktor yang berperan sebagai Chappie, si robot yang memiliki kesadaran seperti manusia.


Film Chappie menggunakan teknik motion capture atau mo-cap (penangkap gerakan) alias si aktor diberi kostum dengan sensor-sensor gerakan, kemudian hasil syutingnya diolah ke komputer untuk diganti wujud lain hasil rekayasa digital.

Maka, bila Chappie dibuat Peter Jackson, mungkin yang memerankannya adalah Andy Serkis si Gollum di The Lord of the Rings. Tapi ini adalah film Neill Blomkamp. Jadi yang diajak berakting dengan teknik mo-cap adalah Sharlto Copley.

Dari sini, salah satu pertanyaan yang kami ajukan saat wawancara eksklusif dengan Neill Blomkamp via Skype di Singapura beberapa waktu lalu adalah: 'Apa akan selalu ada Sharlto Copley di film-film Neill Blomkamp?'

"Tidak ada hukum yang bilang dia (Sharlto Copley) harus ada di film-film saya," jawab Neill.

Neill Blomkamps saat wawancara via Skype. (dok. Sony Pictures)

"Menurut saya, dia sangat berbakat dan saya sudah mengenalnya begitu lama," kata pria yang kenal dengan Sharlto Copley sejak masa SMA itu.

Meski demikian, Neill mengatakan, suatu saat nanti akan ada filmnya tanpa Sharlto Copley. "Untuk saat ini dia sangat berbakat dan teman yang menyenangkan untuk diajak kerjasama."

Lalu, susahkah mengarahkan Sharlto Copley dengan teknik mo-cap?

"Tantangan teknis mengerjakan motion capture hampir tak ada," kata Neill. "Dari sudut pandang sutradara, dia (Sharlto Copley) tetap dalam ukuran yang sama dengan si robot. Jadi tak ada masalah." Chappie saat ini sedang diputar di bioskop tanah air. Film berikutnya yang akan digarap Neill Blomkamp adalah Alien 5.

0 comments:

Post a Comment