Home » » Buruh Sandera Prabowo dengan 10 Tuntutan

Buruh Sandera Prabowo dengan 10 Tuntutan

Written By Admin on Friday 2 May 2014 | 16:24


Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Muhammad Rusdi mengatakan buruh yang tergabung dalam organisasinya akan memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto dalam pemilihan umum presiden 2014. Dukungan itu akan diberikan jika Prabowo berkomitmen memenuhi sepuluh tuntunan mereka.

"Kami sering mengadakan dialog dengan para kandidat capres terkait dengan isu buruh dan kesejahteraan. Sampai sejauh ini yang merespons adalah Prabowo," kata Rusdi ketika dihubungi Tempo, Kamis, 1 Mei 2014.

Rusdi mengatakan buruh yang tergabung dalam KSPI telah mengajukan sepuluh tuntutan, yakni kenaikan upah 30 persen, revisi sistem pengupahan, kenaikan kebutuhan hidup layak, tolak penangguhan upah, jalankan jaminan kesehatan suluruh rakyat, hapuskan sistem alih daya, mengesahkan Undang-Undang Pekerja Rumah Tangga, revisi Undang-Undang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja di Luar Negeri, perbaikan perlindungan buruh migran, serta alokasi APBN untuk pendidikan, transportasi gratis, dan rumah murah.

"Jika Prabowo komitmen pada tuntutan kami, akan kami dukung dalam pemilu presiden. Kami sudah membuka kesempatan bagi capres lain, tapi tak ada tanggapan," katanya.

Hari ini, Kamis, 1 Mei 2014, Prabowo dijadwalkan menyampaikan orasi politik di hadapan 120 ribu buruh pada pukul 15.00 WIB bertempat di Gelora Bung Karno, Jakarta. Orasi politik ini akan diikuti dengan kontrak politik antara Prabowo dan buruh agar mengakomodasi sepuluh tuntutan itu. Menurut Rusdi, dukungan akan diberikan oleh 1,4 juta anggota KSPI. "Kami telah melakukan pembicaraan dengan Prabowo pada 13 Februari 2014 lalu terkait dengan isu-isu kesejahteraan sosial. Selama ini pula Prabowo selalu hadir dalam acara dialog kami," ujar Rusdi.

Prabowo yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra didaulat menjadi calon presiden partai berlambang garuda itu. Berdasarkan hasil penghitungan cepat pemilu legislatif oleh Lembaga Survei Indonesi, Gerindra memperolehan suara 11,8 persen.

0 comments:

Post a Comment