Home » » 5 Kesalahan yang Membuat Pria Boros dalam Keuangan

5 Kesalahan yang Membuat Pria Boros dalam Keuangan

Written By Admin on Monday 11 November 2013 | 21:33


Saat ini memang segala sesuatu yang melibatkan uang dan kekuasaan tidak lagi berbasis gender. Namun, ketika menangani masalah keuangan dalam
perspektif yang lebih luas, kaum pria sering melakukan beberapa kesalahaan karakteristik. Adapun kesalahan-kesalahan tersebut berkaitan dengan ego, kebiasaan, dan pola pikir. Jika Anda berniat kelak menjadi pihak yang paling bertanggung jawab dalam finansial keluarga, sebaiknya hindarilah kesalahan-kesalahan berikut ini:


1. Bermain Saham Tanpa Memiliki Pemahaman

Pria mapan saat ini memiliki kecenderungan suka bermain saham dengan dalih investasi yang menguntungkan. Padahal yang namanya bermain saham, tidak melulu menguntungkan. Hal ini perlu pemahaman mendalam, agar Anda tidak terjerat dalam bujuk rayu penjual saham yang selalu menjanjikan keuntungan tanpa memaparkan resikonya. Pada akhirnya, justru Anda selalu didikte dalam mengambil keputusan perdagangan saham tersebut. Jadi, sebelum bermain saham, pahami dulu resikonya sebelum memikirkan keuntungan.

2. Mengabaikan Tabungan dan Asuransi

Banyak pria yang kurang mengedapankan pentingnya tabungan. Lebih parah lagi, hanya sedikit dari mereka yang memahami pentingnya mengasuransikan keselamatan dan kesehatan diri. Padahal, sejak di bangku SD kita selalu dijelali pesan moral dari para guru mengenai pentingnya berhemat dan menabung. Tapi sayangnya, dengan gaya hidup dan manajemen keuangan pribadi yang amburadul, membuat tabungan seolah tidak menjadi prioritas. Begitu juga dengan proteksi asuransi yang merupakan investasi penting di masa depan ketika menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan yang berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan.

3. Menghabiskan Uang Demi Wanita

Kebanyakan pria ingin menunjukkan dominasinya terhadap wanita melalui uang. Kebiasaan ini juga menjadi tolak-ukur dalam membuat wanita terkesan dengan membelikan hadiah setiap kencan. Memang tidak ada yang salah ketika Anda mentraktirnya makan malam ketika kencan, tapi tidak berarti Anda harus selalu memberikannya hadiah. Lebih baik, uang yang Anda belanjakan untuk hadiah tersebut disimpan sebagai pegangan untuk Anda berdua ketika memutuskan ingin membina rumah tangga.

4. Membeli Gadget Mahal Demi Gengsi

Kaum pria memang lebih rentan menjadi gadget freaks dibandingkan wanita. Obsesi pria untuk mendapatkan gadget berteknologi canggih sering kali tidak memiliki batasan. Padahal, teknologi tidak akan pernah habisnya berevolusi dengan gadget-gadget terbaru. Banyak pria yang membeli gadget terbaru hanya untuk memenuhi kadar up-to date bukan faktor kebutuhan. Ini adalah jerat teknologi yang menyusahkan!

5. Mengabaikan Besarnya Pengeluaran Harian

Tidak disadari, kaum pria memiliki pengeluaran besar yang luput dari perhatian. Misalnya pengeluaran harian untuk rokok, minuman energi, atau membeli kopi untuk seluruh tim di kantor. Bahkan kebanyakan pria juga tidak memiliki beban ketika berbicara tanpa henti ketika merayu seorang wanita melalui telepon. Padahal, jika semua itu bisa dihemat, tentu akan memperbesar pundi-pundi uang di tabungan.

0 comments:

Post a Comment