Magnet film Garuda Superhero terus bergulir. Meski masih dalam proses final editing, namun berbagai undangan untuk memutar film full CGI pertama di Indonesia sudah berdatangan. Setidaknya sudah ada dua kegiatan event pemutaran yang menunggu kehadiran film Garuda Superhero ini. Menariknya kedua kegiatan ini merupakan event bertaraf internasional, Balinale Film Festival dan perayaan 65 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia-Thailand di Bangkok.
Perhelatan Balinale Film Festival yang sudah dilaksanakan sejak
tahun 2007 merupakan salah satu benchmark atau acuan dari festival film
bergengsi yang dimiliki Indonesia di luar pulau Jawa. Dengan proses
kurasi yang dilakukan oleh tim seleksi bertaraf internasional, film Garuda Superhero bangga
menjadi salah-satu peserta yang diputar dari puluhan karya dari
berbagai genre yang berasal dari 18 negara. Film yang disutradarai oleh
X-Jo ini telah diputar pada tanggal 13 Oktober 2014 kemarin di Open Air Cinema pukul 18.30 di Beach Walk, Kuta-Bali.
Setelah dari Balinale, film Garuda Superhero akan
diputar khusus pada perayaan 65 tahun hubungan diplomatik
Indonesia-Thailand. Kegiatan yang akan dilakukan sebenarnya berisi
beragam aktifitas promosi keragaman budaya dan pariwisata yang berbasis
ekonomi kreatif yang dapat memberikan gambaran konkrit tentang keunikan,
keragaman budaya serta potensi lndonesia, khususnya pengembangan
ekonomi kreatif di bidang industri perfilman. Pemutaran film Garuda Superhero rencananya akan dilakukan pada tanggal 27 November 2014 di Bangkok.
Kehadiran film Garuda Superhero ini juga sejalan
dengan visi yang dimiliki oleh Presiden terpilih Jokowi yang ingin
menghidupkan industri kreatif di tanah air. Perhatian ini tentunya
melegakan bagi pelaku industri kreatif tanah air yang selama ini hanya
menjadi pasar bagi produk kreatif yang diimpor dari luar negeri. Film Garuda Superhero baik
secara langsung maupun tidak, menandai kemampuan dan unjuk gigi para
kreator muda Indonesia dalam menghasilkan produk budaya popular melalui
film berteknologi CGI.
Usai perhelatan kedua event internasional tersebut, Garuda Superhero akan
mencoba masuk pada jaringan bioskop di kawasan regional ASEAN. Saat ini
komunikasi ke arah sana sudah terjadi antara kedua belah-pihak. Dengan
kesempatan tersebut, maka pasar dari film Garuda Superhero akan
lebih besar lagi. Namun demikian, film ini tetap yakin penerimaan
penonton di tanah-air sama pentingnya dengan strategi pemasaran ke luar
negeri yang tengah direncanakan.
Film Garuda Superhero merupakan terobosan yang
dilakukan oleh Garuda Sinergi Putaar Sinema di tahun 2014. Film ini
diproduseri oleh Dhoni Ramadhan dengan Executive Producer Drs. H.
Mulyadi, MMA memiliki target penonton dari keluarga dan anak-anak serta
akan dirilis pada akhir tahun ini.
0 comments:
Post a Comment