Home » , » Bermain Musik Bisa Meredam Rasa Sakit

Bermain Musik Bisa Meredam Rasa Sakit

Written By Admin on Thursday 28 February 2013 | 00:47


Beruntunglah bagi Anda yang bisa memainkan alat musik. Pasalnya, sebuah penelitian membuktikan bahwa dengan bermain musik maka seseorang mampu meringankan rasa sakit yang dideritanya.

Adapun penelitian itu dilakukan oleh Robin Dunbar dari Universitas Oxfoed di Inggris yang menyatakan bahwa musik mampu meningkatkan hormon endorfin dan meningkatkan ambang batas rasa sakit tubuh.

Bersama koleganya dari Universitas Liverpool dan Universitas Binghamton, Dunbar menemukan kesimpulkan bahwa tubuh orang yang bermusik akan mengalami peningkatan produksi endorfin, di mana hormon ini bisa berperan sebagai opiat atau pereda rasa sakit alami.Namun efek positif tersebut tidak akan tampak pada orang yang hanya mendengarkan musik.

Seperti dilansir dari MedicalDaily, Dunbar dan rekan-rekannya berpendapat musik berevolusi dari kebutuhan untuk memperkuat ikatan dalam masyarakat.

Para ilmuwan ini lalu menjalankan empat penelitian yang membuktikan bahwa orang yang bermusik seperti penari, pemain musik, dan penyanyi, mengalami peningkatan produksi endorfin dan memiliki emosi lebih positif.

Hasil penelitian ini menjawab alasan mengapa musik menjadi bagian dari ritual religius atau militer. Teori lain menyebutkan, musik dibutuhkan untuk menenangkan balita tantrum. Jadi, apakah Anda siap bermesraan dengan musik?

0 comments:

Post a Comment