Home » » Kini Hadir Ponsel Bagi Anak Berusia Empat Tahun!

Kini Hadir Ponsel Bagi Anak Berusia Empat Tahun!

Written By Admin on Thursday 27 March 2014 | 20:40


Mungkin tidak pernah terbersit di benak Anda untuk membelikan ponsel bagi si buah hati yang bahkan belum bisa mengikat tali sepatu sendiri. Namun Anda mungkin perlu membelikannya FiLIP.

FiLIP, yang dibanderol seharga $200 (setara Rp2,3 juta), merupakan cara cerdas bagi para orangtua untuk mengawasi si buah hati tanpa perlu membelikan mereka ponsel atau perangkat pelacak GPS yang pasti akan hilang, rusak atau bahkan terkena tumpahan makanan.

Memiliki fungsi untuk menelepon anak Anda
Jika Anda masih ingat walkie-talkie berbentuk jam tangan, maka Anda tahu apa itu FiLIP. Perangkat teknologi yang satu ini merupakan jam tangan dengan fungsi ganda sebagai telepon, yang terbuat dari bahan karet tahan benturan dengan beragam pilihan warna dan dirancang agar sesuai dengan ukuran pergelangan tangan anak-anak rentang usia 4 hingga 8 tahun. FiLIP tahan air dan cukup awet.


FiLIP hanya memiliki dua tombol: tombol merah untuk menelepon dan tombol hijau yang berukuran lebih kecil untuk melihat daftar kontak. Dengan menggunakan sebuah aplikasi smartphone, Anda dapat menambahkan lima kontak yang dapat ditelepon si anak menggunakan FiLIP; dan nomor-nomor yang dimasukkan itu saja yang dapat menelepon ke FiLIP. Untuk menelepon, anak Anda terlebih dahulu harus memilih kontak dan kemudian berbicara di depan mikrofon mungil yang berada di bagian bawah layar jam. Dengan menggunakan aplikasi, Anda juga dapat mengirim SMS hingga 24 karakter kepada anak Anda, yang akan ditampilkan di layar jam. Namun, sayangnya anak Anda tidak dapat membalas SMS tersebut menggunakan FiLIP.

FiLIP menggunakan GPS, menara seluler dan hotspot WiFi untuk mencari lokasi keberadaan anak Anda di peta; Anda dapat melihat lokasi keberadaan si buah hati dalam kurun waktu 48 jam terakhir lewat ponsel Anda. Anda dapat membuat hingga lima zona aman (SafeZones) dan kemudian Anda akan mendapat notifikasi ketika si anak memasuki atau meninggalkan salah satu zona tersebut.


Tombol merah besar di ponsel Anda juga memiliki fungsi ganda sebagai tombol darurat. Tekan tombol tersebut selama tiga detik, dan perangkat itu akan terhubung ke operator otomatis, yang kemudian akan terus menelepon setiap kontak dalam daftar hingga terhubung ke seseorang, dan menghubungkan orang tersebut lewat suara ke FiLIP anak Anda. Namun fitur tersebut tidak menghubungkan anak Anda ke layanan panggilan darurat.

Dan FiLIP juga berfungsi sebagai pengingat waktu.

Masih Nyasar
Tidak diragukan lagi FiLIP merupakan perangkat seluler yang sempurna bagi buah hati Anda. Berdasarkan pengujian yang saya lakukan, lokasi yang ditunjukkan oleh aplikasi FiLIP agak kurang akurat, terkadang jaraknya mencapai beberapa meter dari lokasi yang sebenarnya.

Dikarenakan kesalahan pada antarmuka Android, aplikasi FiLIP terus saja menunjukkan lokasi SafeZones di tengah-tengah wilayah Kansas - meskipun itu bukan tepat yang sering saya kunjungi. Saya beberapa kali menelepon ke pihak perusahaan untuk mendapat bantuan teknis agar hal tersebut diperbaiki. (Pihak perusahaan mengatakan mereka akan menyempurnakan antarmuka itu agar masalah tersebut teratasi.)

Jam tangan FiLIP juga memiliki ukuran yang mungil. Jam ini pas dengan ukuran tangan anak-anak kecil; bagi yang anak yang sudah berusia delapan tahun atau lebih mungkin tidak akan muat. CEO FiLIP Technologies Jonathan Peachey mengatakan perusahaan tersebut sedang mengembangkan beberapa desain baru yang dapat dipakai anak dengan pergelangan tangan yang berukuran lebih besar, namun tidak dapat memastikan kapan FiLIP dengan desain baru tersebut akan hadir.

Di jalur yang tepat
Memakaikan anak Anda perangkat pelacak lokasi mungkin terkesan berlebihan, namun karena Anda tidak bisa selamanya mengawasi si buah hati, inovasi FiLIP merupakan pilihan yang tepat.

Perusahaan tersebut bahkan didirikan setalah pendiri perusahaan Sten Kirkbak kehilangan putranya yang ketika itu masih berusia tiga tahun di dalam sebuah mal. Ia menemukan si buah hati 30 menit kemudian, dan membuat Kirkback memutuskan untuk menciptakan alat agar dirinya dan orangtua lain tidak panik ketika kehilangan anaknya.

0 comments:

Post a Comment